Kegiatan, Pelatihan, Uncategorized

Balatkop Jateng Adakan Pelatihan di Omah Kreatif Kampoeng Batik Kauman

 

PEKALONGAN – Perkumpulan Kampoeng Batik Kauman (PKBK) Pekalongan lagi-lagi dipercaya menjadi pelaksana pelatihan membatik oleh Propinsi. Selama 5 hari sejak tanggal 18 sampai 22 Juni 2019 yang lalu, Tim Litbang Perkumpulan Kampoeng Batik Kauman telah berhasil melaksanakan pelatihan membatik yaitu PELATIHAN KETERAMPILAN USAHA PRODUKTIF DI BIDANG BATIK.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jawa Tengah melalui Balatkop Jateng bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM beserta Perkumpulan Kampoeng Batik Kauman Pekalongan di Omah Kreatif Kampoeng Batik Kauman yang diikuti oleh 25 peserta.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Pekalongan H. Zainul Hakim, SH. MHum pada hari pertama didampingi Ibu Afiyah dari Balatkop Jateng. Setelah acara pembukaan kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh Ibu Tjandra Wati, Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dindagkop UKM Kota Pekalongan.

 

Hari kedua langsung diisi penyampaian materi pelatihan batik. Ada 3 orang pemateri masing-masing H.M. Fauzi Hidayat, salah satu UKM yang juga sebagai sekretaris PKBK. Materi kedua disampaikan oleh M. Fannanul Ghofirin, pelaku produksi batik dan ketua tim libang PKBK. Materi ketiga diisi oleh H. Muh. Zaenudin, seorang pelaku, pemerhati dan pelestari batik.

Setelah ketiganya menyampaikan selesai menyampaikan materi pelatihan, kemudian dilanjutkan dengan praktek menggunakan canting cap. Dalam pelatihan ini dipilih membuat sarung batik yang menjadi salah satu unggulan batik pekalongan. Peserta diberi kebebasan untuk berkreasi dengan motif dan model sarung yang dikerjakan.

 

Proses mewarnai batik dimulai pada hari ketiga. Pada pelatihan ini, proses pewarnaan batik dipilih menggunakan zat warna indigosol. Peserta pelatihan juga mempraktikkan proses oksidasi yaitu proses membangkitkan zat warna dengan tehnik mengangin-anginkan kain yang telah dicelup warna. Peserta juga mempraktikkan menggunakan HCL atau air keras yang dilarutkan dengan air untuk mengikat zat warna pada kain batik.

Proses pelorodan atau proses menghilangkan lilin malam pada kain dengan cara merebus kain batik pada air mendidih yang telah dicampur soda ash menjadi proses terakhir.

 

Pada hari keempat, masing-masing peserta pelatihan diminta untuk mempresentasikan batik hasil pelatihan yang kemudian dievaluasi oleh tim pelatihan. Hasil evaluasi dari ke-25 peserta pelatihan dinilai mampu mempraktikkan dengan cukup baik dari materi-materi pelatihan yang telah disampaikan sebelumnya.

 

Acara penutupan PELATIHAN KETERAMPILAN USAHA PRODUKTIF DI BIDANG BATIK dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2019 di Workshop Omah Kreatif Kampoeng Batik Kauman yang terletak di Jl. Hayamwuruk, Kel. Kauman Gg. 5 No. 2 Kota Pekalongan. H. Zainul Hakim, SH. MHum dalam sambutan sebelum menutup pelatihan ini berharap bahwa keterampilan yang telah diajarkan pada pelatihan ini dapat dipraktikkan di rumah masing-masing. Beliau juga menginginkan pada kesempatan lain agar dapat diadakan pelatihan lanjutan untuk meningkatkan kemampuan produksi batik. (mk)

 

Apabila berminat belajar membatik atau mengadakan pelatihan batik, dapat mengunjungi kami di Omah Kreatif Kampoeng Batik Kauman di Jl. Hayamwuruk, Kel. Kauman Gg. 5 No. 2 Kota Pekalongan Jawa Tengah. Atau hubungi kami melaui :

Fauzi : 0856-4264-2800

Fanan : 0857-4013-8952

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *